Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Air Terjun Kedung Kayang – Cuaca panas akhir-akhir ini memang cocok untuk liburan ke sejumlah destinasi wisata air yang cantik. Bermain wahana air memang dinilai sangat cocok untuk menjadikan liburan di akhir pekan ini menjadi lebih segar dan bugar. Anda juga bisa mengajak rekan perjalanan Anda mengeskplor destinasi wisata air yang ada di Indonesia.

Jika Anda datang dari perkotaan besar, Anda tidak perlu jauh-jauh ke pulau seberang, karena di pulau sendiri pun banyak tempat yang masih asri dan belum banyak dieksplor. Datang saja ke Jogja. Tepatnya sebelah utara dari Jogja, yakni Kabupaten Magelang yang sangat terkenal dengan objek wisata Candi Borobudur.

Wisata Air Terjun Kedung Kayang Dengan Panorama Alam Yang Indah

Sebenarnya ada banyak, dan semuanya masih tergolong asri, dan salah satunya yang wajib Anda kunjungi adalah Kedung Kayang sebuah air terjun alami yang mengucur deras dari atas ketinggian. Katanya Kedung Kayang ini merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Magelang.

Selain mempunyai ketinggian yang curam, Kedung Kayang ini juga mempunyai empat sumber mata air yang jernih. Empat mata air itu muncul di sisi-sisi dinding tebing. Empat mata air yang jernih itu dinamakan Sumber Mata Air Panguripan.

Di Kedung Kayang ini juga terdapat banyak legenda atau mitos yang menyelimutinya. Warga sekitar percaya jika air terjun Kedung Kayang ini ada penunggunya yakni, Kyai Gadung Mlati dan Nyai Widari Welas Asih.

Nama Kedung Kayang juga diperoleh dari para Empu yang dulunya tinggal di sekitar sana. Para Empu tersebut adalah Empu Panggung, Empu Putut, dan Empu Khalik. Di bawah air terjun itu juga terdapat sungai yang mengalir yang berasal dari Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Cukup menarik memang Kedung Kayang ini, apalagi dengan sebuah cerita legenda yang terkenal.

Lokasi dan Rute Kedung Kayang

Lokasi Kedung Kayang ini berada di perbatasan antara Magelang dan Boyolali dan berada di satu kawasan wisata Solo-Selo-Borobudur. Kawasan Kedung Kayang ini dekat dengan objek wisata Ketep Pass.

Kedung Kayang ini lokasinya juga berada di bawah, sehingga jika Anda ingin mengunjungi harus rela berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 500 meter. Tenang saja, jalanan untuk menuju ke Kedung Kayang ini sudah bagus dan berupa konblok dengan pagar hijau di samping tangga.

Rute untuk menuju ke kawasan ini lumayan mudah karena sangat dekat dengan Ketep Pass. Jika Anda dari arah Jogja, Anda bisa mengarahkan kemudi Anda menuju objek wisata Ketep Pass. Dari objek wisata Ketep Pass, Anda bisa mengambil jalan menuju arah Boyolali. Di sana sudah banyak petunjuk arah yang menunjukkan jalan ke Kedung Kayang. Jika ditempuh dari Jogja, Anda akan memakan waktu kira-kira 1 jam perjalanan.

Harga Tiket Kedung Kayang

Harga tiket masuk Kedung Kayang sangatlah murah dan terjangkau. Anda hanya perlu membayar 4.000 rupiah saja. Cukup terjangkau untuk mendapatkan pesona air terjun Kedung Kayang yang masih alami dan asri.

Kedung Kayang

Lalu, untuk harga parkir juga cukup murah yakni sebesar 2.00 rupiah saja untuk sepeda motor. Sedangkan untuk parkir mobil 5.000 rupiah. Area parkir juga sudah cukup luas, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu.

Fasilitas Kedung Kayang

Kedung Kayang ini juga sudah mempunyai beberapa fasilitas penunjang. Fasilitas-fasilitas tersebut bisa Anda manfaatkan dengan baik sebagai penunjang sarana prasarana Anda saat berkunjung ke Kedung Kayang.

Fasilitas tersebut berupa:

Area Parkir

Dengan adanya area parkir yang memadai dan cukup luas, Anda bisa dengan mudah memarkirkan kendaraan Anda di area parkir ini. Anda bisa membawa roda dua ataupun roda empat ke lokasi ini.

Mushola

Liburan ke wisata alam seperti Kedung Kayang ini terkadang sangat asik sampai lupa waktu. Namun tenang saja, di sini Anda tidak akan kehilangan waktu solat karena sudah ada Mushola yang bisa Anda pakai untuk beribadah.

Kamar mandi

Berwisata ke air terjun tak lengkap jika tak basah-basahan. Kalau sudah begitu, Anda pasti akan sangat kesulitan jika tidak ada kamar mandi untuk bilas tubuh ataupun ganti pakaian kering. Maka dari itu, di Kedung Kayang ini sudah tersedia kamar mandi yang bisa Anda gunakan untuk berganti pakaian maupun membilas tubuh.

Penginapan

Jika Anda masih ingin menikmati kesejukan dan kesegaran air terjun berserta pemandangan sekitar, Anda bisa menyewa penginapan yang ada di sana.

Anak Tangga dan Gazebo

Mengingat untuk bisa sampai di lokasi Kedung Kayang harus rela berjalan kaki, maka dibawah naungan pemerintah setempat, terbangunlah sebuah akses jalan setapak beserta anak tangga yang memudahkan Anda untuk berjalan ke dasar sana. Di beberapa sisi jalan pun juga terdapat gazebo yang bisa Anda manfaatkan untuk istirahat saat lelah dalam perjalanan.

Aktivitas Lain yang Bisa Anda Lakukan di Kedung Kayang

1. Belanja Sayuran Langsung dari Petani

Mengingat Kedung Kayang ini terletak di dataran tinggi, membuat tanah-tanah di sini sangat cocok ditanami berbagai sayuran segar. Tak heran jika banyak petani sayur di sekitar kawasan air terjun Kedung Kayang. Maka dari itu, sembari berwisata menikmati segarnya air terjun, Anda juga bisa membeli sayuran segar dari petani langsung. Selain harga jauh lebih murah, Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga yang lain.

2. Trekking

Berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tepi jurang nampaknya akan memberikan sensasi tersendiri bagi Anda yang belum terbiasa. Udara sejuk pengunungan ditambah dengan kesejukan di sekitar air terjun membuat aktivitas trekking di kawasan Kedung Kayang sangat menyenangkan. Anda juga bisa memilih spot perjalanan karena di sana banyak spot perjalanan yang bisa Anda pilih. Ada yang nantinya menyusuri sungai dan menuruni anak tangga yang sempit. Sangat menyenangkan.

3. Mandi di bawah Kucuran Air

Aktivitas mandi dibawah kucuran air terjun memang wajib Anda coba. Rasanya tidak sah kalau berwisata ke air terjun dan tidak turun langsung ke kolam dibawah air terjun. Maka dari itu, jika Anda sudah jauh-jauh ke sini, sudah seharusnya Anda harus mencoba pijatan derasnya air terjun yang mengucur dari ketinggian sekitar 39 m.

Tips Berkunjung ke Kedung Kayang

Jika Anda sudah berniat berkunjung ke Kedung Kayang, sebaiknya untuk simak tips berikut supaya Anda bisa lebih mempersiapkan perjalanan Anda dengan baik.

• Pertama, karena untuk menuju ke lokasi air terjun ini mengharuskan Anda berjalan kaki dari lokasi parkir, maka sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang nyaman, alas kaki yang nyaman serta pelindung kepala. Tidak mungkin kan Anda akan menggunakan sepatu berhak tinggi untuk melewati jalan setapak yang panjang dan menurun? Maka dari itu pastikan alas kaki yang Anda gunakan nyaman dan tidak licin.

• Kedua, pastikan Anda berkunjung ke sini bukan pada saat musim penghujan. Dikhawatirkan jika Anda datang pada saat musim penghujan, akan muncul beberapa tanda bahaya seperti longsor tebing dan air bah yang muncul dari aliran sungai yang ada di atas. Jalanan juga akan berubah menjadi licin, jadi pastikan Anda memilih waktu yang tepat untuk datang ke sini.

• Terakhir, dan yang paling penting, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya. Biasa saja karena terlena dengan keindahan air terjun, langsung nyebur aja dan ternyata lupa bawa pakaian ganti. Jadi pastikan semua persiapan Anda matang. Bawa makanan atau minuman juga boleh asal sampahnya jangan dihanyutkan di sungai.

Sekian. Happy Holiday!

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Hai, Payonesia?